Vaksin Nusantara dr Terawan Diklaim Tahan Seumur Hidup, Prof Zubairi: Mana Buktinya?

Kamis, 18 Februari 2021 20:27

Ketua Satgas Covid-19 IDI, Prof Zubairi Djoerban. (Dok Instagram.com/@profesorzubairi)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Usai dicopot dari menteri kesehatan, ternyata dr Terawan Agus Putranto mengagas vaksin nusantara. Vaksin ini diklaim dapat memproduksi 10 juta dosis vaksin setiap bulannya.

Tim Uji Klinis mengklaim Vaksin Nusantara bisa menciptakan antibodi atau daya kekebalan tubuh yang mampu bertahan hingga seumur hidup. Vaksin untuk virus corona (Covid-19) itu disebut akan membentuk kekebalan seluler pada sel limfosit T.

“Vaksin punya dokter Terawan ini dendritik bersifat T-cells, berarti sekali suntik berlaku seumur hidup. Sehingga secara pembiayaan pun lebih menguntungkan dan tidak menguras devisa negara, karena ini diproduksi dalam negeri,” kata Anggota Tim Uji Klinis Vaksin Nusantara Jajang Edi Prayitno dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (17/2).

Jajang menjelaskan, cara kerja vaksin ini dibangun dari sel dendritik autolog atau komponen dari sel darah putih, yang kemudian dipaparkan dengan antigen dari Sars-Cov-2.

Metode sel dendritik merupakan metode yang sudah kerap digunakan untuk pengobatan kanker hingga penyakit degeneratif selama ini.

Ia menyebut, dalam proses pembuatan vaksin nusantara ini, tim uji klinis dibantu oleh salah satu peneliti dari AIVITA Biomedical asal Amerika Serikat.

Klaim sepihak dari tim uji klinis vaksin nusantara itu lantas mendapat tanggapan dari Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Dr. Zubairi Djoerban. Sp. PD.

Bagikan berita ini:
10
6
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar