Konsumsi Rumput Laut, Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jumat, 19 Februari 2021 10:36

Ilustrasi rumput laut. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rumput laut merupakan salah satu bentuk alga yang tumbuh di laut.

Mereka adalah sumber makanan bagi kehidupan laut dan warnanya bervariasi dari merah hingga hijau hingga coklat hingga hitam.Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Berikut ini beberapa manfaat rumput laut yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Meningkatkan energi

Kandungan lainnya yang terdapat pada rumput laut adalah zat besi.

Manfaat yang bisa didapatkan dari zat besi adalah memproduksi energi yang butuh untuk dibakar oleh tubuh saat melakukan aktivitas harian.

Kurangnya zat besi bisa menyebabkan anemia, sehingga menjadi mudah lemah dan lesu.

Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1 atau 0,8 mg zat besi.Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari bisa membantu mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi untuk wanita.

  1. Mencegah anemia

Diketahui ada beberapa jenis dari rumput laut yang memiliki zat besi di dalamnya. Sehingga bisa membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah agar tubuh tidak mengalami kekurangan darah atau yang dikenal dengan anemia.

  1. Terhindar pembengkakan kelenjar tiroid

Kandungan yodium yang ada pada rumput laut ini merupakan sesuatu yang cukup jarang ditemukan pada makanan lainnya. Mengonsumsi level yodium yang sehat penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat.

Komentar