KPU Belum Pastikan Pleno Penetapan Husler-Budiman, Ini Alasannya

Jumat, 19 Februari 2021 15:29

Ketua KPU Lutim, Zaenal

FAJAR.CO.ID, LUWU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur (Lutim) belum menjadwalkan pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, meski Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan tidak melanjutkan sengketa hasil Pilkada Lutim 2020.

Ketua KPU Lutim, Zaenal menjelaskan sampai saat ini pihaknya belum menerima salinan keputusan (SK) dari MK.

“Ini-kan masih menunggu salinan yang disampaikan ke kita, ada SK kan. Ini saya tidak tau ada masuk atau belum karena itu salah satu dasar melakukan penetapan,” kata Zaenal, dihubungi, Jumat (19/02/2021).

Lebih lanjut, Zenal mengungkapkan telah ada sejumlah persiapan yang dilakukan KPU sambil menunggung SK. Iapun menargetkan pleno bakal digelar secepatnya.

“Persiapan ini sedang kita lakukan. Karena pleno sifatnya secepatnya dilakukan paling lambat 5 hari setelah menerima salinan putusan MK. Jadi mungkin Sabtu atau Minggu besok itu sudah digelar,” jelasnya.

Terkait tempat, masih sementara didiskusikan untuk keamanannya.

“Masih sementara kita diskusikan. Tergantung juga orang kita undang. Ini kan pandemi, kita fokus disitu. Kalau kita mau partai pengusung, stakeholder yang berperan menyukseskan pilkada,kita harus melihat protokol kesehatannya,” paparnya.

Sesuai hasil penghitungan oleh KPU Lutim, pasangan Husler-Budiman keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara 86.175 atau 52,8 persen. Sedangkan Ibas-Rio hanya meraih 76.937 suara atau 47,2 persen.(mg3/fajar)

Komentar