Perkuat Alutsista, Indonesia Datangkan Pesawat Tempur Buatan AS dan Prancis

Jumat, 19 Februari 2021 22:47

Ilustrasi Pesawat Tempur. (int)

FAJAR.CO.ID — TNI-AU bakal menambah sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern. Di antaranya, pesawat tempur dari Amerika Serikat dan Prancis.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, memastikan pesawat tempur dan pesawat angkut masuk dalam jajaran alutsista yang didatangkan mulai tahun ini sampai 2024. Pengadaan alutsista tersebut merupakan bukti komitmen pemerintah untuk memperkuat TNI-AU.

Khusus pesawat tempur, Fadjar mengungkapkan bahwa yang akan memperkuat TNI-AU adalah pesawat tempur buatan AS dan Prancis.

”Beberapa alutsista tersebut adalah pesawat multirole combat aircraft, F-15 EX, dan Dassault Rafale,” kata Fadjar dalam rapat pimpinan (rapim) TNI-AU di Mabes TNI-AU, Jakarta Timur, kemarin (18/2).

Selain itu, ada radar GCI, pesawat berkemampuan airborne early warning, dan pesawat tanker multirole tanker transport. Ada juga pesawat angkut C-130 J, UCAV berkemampuan MALE, dan alutsista-alutsista lainnya. TNI-AU juga bakal memenuhi kebutuhan alutsista seperti modernisasi pesawat tempur. ”Pelaksanaannya dimulai tahun ini,” ujarnya.

Dengan program-program tersebut, Fadjar menekankan bahwa seluruh jajaran TNI-AU harus bersiap diri. Yakni, memastikan sumber daya manusia atau prajurit memiliki kemampuan terbaik.

Fadjar menjelaskan, pihaknya bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Mabes TNI telah berupaya menambah kekuatan matra udara.

”Beberapa kali kami harus merevisi pengusulan alutsista yang terus disesuaikan dengan berbagai kondisi global maupun kemampuan negara,” ungkapnya.

Komentar