Jabat Kabareskrim, Ini Pernyataan Pertama Komjen Agus Soal kasus 6 Laskar FPI

Sabtu, 20 Februari 2021 10:41

Komjen Agus Andrianto (ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan penyidik Bareskrim Polri masih tengah berproses menuntaskan kasus penembakan 6 laskar FPI di Tol Cikampek.

Mantan Kapolda Sumut ini menyatakan penyidik Bareskrim Polri masih tengah berproses untuk menuntaskan kasus penembakan 6 laskar FPI tersebut.

“Penyidikan itu kan berproses, makin cepat semakin baik. Kan tidak boleh grusa grusu,” kata Komjen Agus kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Komjen Agus memahami bahwa kasus itu menjadi salah satu kasus yang tengah disoroti oleh masyarakat Indonesia.

Terlebih, kasus tersebut juga menjadi kasus yang diintruksikan untuk diselesaikan secepatnya oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Ya nanti dituntaskan sesuai perintah beliau,” tukas Agus.

Sebelumnya, Komnas HAM telah mengeluarkan surat rekomendasi adanya dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terkait kematian 6 laskar FPI tersebut.

Personel polisi dari Polda Metro Jaya yang bertugas saat itu diduga melakukan unlawful killing (pembunuhan di luar ketentuan hukum).

Komnas HAM telah menyerahkan sejumlah barang bukti. Setidaknya ada 16 barang bukti yang diberikan kepada Bareskrim Polri.

Di antaranya, proyektil peluru, 9.942 video, 130 ribu tangkapan kamera, voicenote terakhir yang dikirimkan 6 laskar saat detik-detik bentrokan, hingga foto-foto luka jenazah terhadap korban. (pojoksatu)

Komentar