Kurma Varietas Barhee Siap Panen Akhir Tahun di Wajo

Sabtu, 20 Februari 2021 17:32

Anggota DPRD Wajo Elfrianto bersama penjaga kebun, Muhammad Arsyad saat diperkebunan kurma di Desa Wewangrewu Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, Jumat, 19 Februari. (FOTO : IMAN SETIAWAN P/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Kurma merupakan buah yang istimewa bagi umat Islam. Kurma varietas barhee bakal panen akhir tahun ini di Kabupaten Wajo.

Kebun kurma yang diberi nama Serambi Madinah tersebut berlokasi di Desa Wewangrewu Kecamatan Tanasitolo, di atas lahan seluas 1 hektare.

Pemilik kebun, Andi Dahri Semmang, mengatakan, kurma varietas barhee dari Thailand tersebut ditanam pada pertengahan November 2016 lalu. Sebanyak 154 bibit berumur dua bulan, ditanam waktu itu.

“Dari 154 ada 3 bibit yang mati. Sekarang tersisa 151, terdiri jantan 10 pohon dan 141 pohon betina,” ujarnya, saat FAJAR menemuinya di lokasi perkebunan, Jumat, 19 Februari 2021.

Andi Dahri bercerita, bibit kurma didatangkan saat dia bertandang di negeri gajah putih tersebut. Kala itu bibit dibanderol seharga Rp1 juta per bibit. Didatangkan ke Wajo memakan waktu perjalanan selama seminggu melalui jalur laut.

“Mulai dari Bangkok, Thailand kemudian ke Medan dikarantina beberapa hari, dikirim ke Makassar barulah tiba di Wajo. Perjalanan pengiriman sekitar seminggu,” tuturnya.

Sebelum membeli bibit kurma, selama berada di Thailand, dia belajar dalam pengembangan buah yang kaya serat dan manfaat itu. Mulai dari pengolahan tanah, penanaman, proses mengawinkan, hingga melakukan panen.

“Penanaman ditata dengan jarak tanam 8 X 9 meter. Penyiraman sudah memakai sistem jaringan pipa, secara otomatis 151 pohon akan tersuplai air dengan maksimal,” jelasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI