Mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardika Tutup Usia

Sabtu, 20 Februari 2021 13:04

I Gede Ardika. (int)

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Mantan Menteri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Periode 2000-2004, I Gede Ardhika tutup usia hari ini, Sabtu (20/2/2021). Kabar duka disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam cuitan Twitternya.

“Turut berduka atas meninggalnya Bapak I Gede Ardhika, Menteri Kebudayaan & Pariwisata periode 2000-2004. Terima kasih atas segala jasa yg telah diberikan untuk Bangsa ini, terutama dalam mengedepankan aspek budaya kita untuk meningkatkan sektor pariwisata & membuka lapangan kerja,” tulisnya, Sabtu (20/2/2021).

Wafat di usia 76 tahun, almarhum telah mengukir jejak hidupnya dalam meningkatkan kualitas pariwisata, seni, dan budaya Indonesia. Pernah bergelut di Jurusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1963 silam, ia berhasil menggapai karirnya hingga menjadi seorang Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Diketahui sebelumnya, sejak tahun 1966 ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Pariwisata, kemudian awal tahun 1998 ia melanjutkan karirnya selaku Dirjen Pariwisata di Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya, dan sebelum menjadi menteri ia menjabat Waka Badan Pengembangan dan Kesenian di tahun 2000.

Akrab disapa Ardhika, almarhum menjabat selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata sejak 23 Agustus tahun 2000. Kala itu, susunan anggota kabinet persatuan nasional mengalami perombakan, di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

Kabarnya, I Gede Ardhika mengehembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung dan akan segera disemayamkan di rumah duka. Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak keluarga terkait sakit yang diderita almarhum. (mg2/fajar)

Komentar