Pemkot Makassar Ditantang Bereskan Kisruh Fasum Tello

Sabtu, 20 Februari 2021 20:29

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kisruh kepemilikan lahan Fasilitas Umum (Fasum) Tello masih buntu. DRPD Makassar menantang Pemkot menyelesaikan polemik tersebut.

Pemilik lahan yang diketahui bernama Ishak Kalia bersikeras sebagai pemilik sah. Mereka mengklaim memiliki alas hak yang kuat atas lahan seluas 2.175 meter persegi itu.

Pemkot, DPRD, dan pemilik lahan sudah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di kantor DPRD Makassar, Jumat (19/2/2021). Rapat tersebut berlangsung cukup alot lantaran sama-sama mempertahankan lahan tersebut.

Ketua Komisi A DRPD Makassar, Supratman mengatakan, lahan tersebut sudah lama tercatat sebagai aset daerah. Jauh sebelum pemilik lahan memiliki sertifikat atau alas hak atas lahan tersebut.

Menurut catatan aset, fasum Tello sudah tercatat dalam kepemilikan pemkot sejak 1992 silam. Artinya, pemkot sudah lebih dahulu menguasai lahan tersebut meski tak memilik alas hak.

“Kalau terkait alas hak, maka bisa dibilang 1/2 aset pemkot tidak punya alas hak. Tetapi bukan juga pemkot hanya mengaku-mengaku bahwa ini terdaftar,” ungkap Supratman.

Dahulu, kata dia, ada proses yang mengharuskan pemkot memasukkan lahan tersebut sebagai aset daerah. Akan tetapi, terkait alas hak kala itu belum terlalu ditekankan.

“Proses pencatatan aset negara itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses panjang untuk bisa mengeluarkan alas haknya,” ucap dia.

Komentar