Selebgram Klarifikasi dengan Kalimat Kasar, SMSI: Kedepankan Tata Krama dalam Berbahasa

Sabtu, 20 Februari 2021 12:52

Potongan video klarifikasi Dimas Adipati

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Video klarifikasi Dimas Adipati salah seorang selebgram Makassar yang dinilai melanggar protokol kesehatan (prokes) kembali viral karena menggunakan kata kasar.

Video yang diunggah Dimas melalui instastory di akun instagramnya @dimsunstory itu ikut mengundang komentar Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulsel, Muh Fajar Thalib.

Kata dia, dalam memberikan klarifikasi harusnya bisa lebih bijak termasuk memperbaiki tutur kata. Apalagi jika seorang publik figur atau selebgram yang memiliki banyak pengikut.

“Adapun klarifikasi sendiri lewat medsos pribadi dimsum itu terserah dia saja. Namun ada baiknya tata bahasa yang dilontarkan di media sosialnya lebih sopan dan mengedepankan tata krama dalam berbahasa,” pesan Fajar saat diwawancara Fajar.co.id, Sabtu (20/2/2021).

Lebih jauh, Fajar mengatakan langkah Dimas dalam memberikan klarifikasi terkait ulahnya dan rekan-rekannya sah-sah saja, baik itu melalui media sosial pribadi maupun media mainstream.

Namun alangkah baiknya kata Fajar jika mereka yang merasa memiliki salah pada khalayak memberi klarifikasi melalui media mainstream. Apalagi jika itu merasa dirugikan dalam pemberitaan-pemberitaannya.

“Yah sebaiknya jika memungkinkan dinsum melakukan hak jawab di media mainstream jika merasa dirugikan, sebagai bentuk upaya fungsi dari hak jawab seseorang yg merasa dirugikan sesuai UU No 40 tentang Pers dengan mekanisme penyelesaian yang dapat ditempuh dalam pemberitaan yang merugikan pihak lain dengan menggunakani hak jawab (Pasal 5 ayat [2] UU Pers) dan hak koreksi (Pasal 5 ayat [3] UU Pers),” jelasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI