Tak Kunjung Cair, Santunan Korban Meninggal Covid-19 Tahun 2021 Ditiadakan

Sabtu, 20 Februari 2021 10:47

Plt Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Gemala Faoza

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Berdasarkan surat edaran Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, nomor: 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tertanggal 18 Februari 2021 yang ditandatangani oleh Sunarti, menyatakan bahwa alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 untuk tahun ini tidak tersedia.

“Pada tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia/akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kementerian Sosial RI, sehingga terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh Dinas Sosial Provinsi/Kab/Kota sebelumnya tidak ditindaklanjuti,” penjelasan poin pertama yang terdapat dalam surat edaran.

Sedangkan dalam poin kedua, diharapkan setiap Kepala Dinas Sosial Provinsi dapat menyampaikan hal tersebut kepada masing-masing Kepala Dinas Kab/Kota di wilayahnya dan tidak lagi memberikan rekomendasi ataupun usulan kepada Kementerian Sosial RI.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Gemala Faoza ketika ditanyakan terkait bantuan Covid-19 tahun 2021, mengatakan bahwa untuk tahun ini belum ada kejelasan sama sekali.

“Belum ada, belum ada perintah untuk bantuan Covid-19. Kita masih tunggu petunjuk pimpinan. Kita lihat perkembangan Covid-19 di Sulsel kan melandai ji. Betul-betul belum ada,” kata Gemala, ketika ditemui di Kantor Gubernur, beberapa waktu lalu.

Diketahui, berbagai provinsi di Indonesia telah mengajukan rekomendasi ataupun usulan santunan ahli waris korban meninggal akibat Covid-19 tahun kemarin.

Adapun aturan pemberian santunan untuk ahli waris orang yang meninggal akibat Covid-19 diterbitkan oleh Kemensos pada Juni 2020 lalu. (mg10/fajar)

Komentar