Dua Organisasi Mahasiswa Bentrok di UNASMAN, Ketua HMI Polman Beberkan Ini

Minggu, 21 Februari 2021 15:48

Bentrokan terjadi di Kampus UNASMAN.

FAJAR.CO.ID, POLEWALI — Bentrokan dua organisasi kemahasiswaan terjadi di kampus Universitas Al Syariah Mandar (UNASMAN). Peristiwa berlangsung sekitar pukul 10.00 Wita, di Jalan Hos Cokroaminoto, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Sabtu (21/2/2021).

Peristiwa itu terjadi saat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Polman, menggelar kegiatan ‘Intermediate Training’ LK II, di Auditorium Kampus UNASMAN.

Kemudian datang sejumlah oknum, diduga dari pihak Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Polman datang ke lokasi.

Plt Ketua HMI Cabang Polman, Heri Dhannur Syam, menyebut, saat panitia LK II sedang melakukan segala persiapan, tiba-tiba ada beberapa orang datang tanpa sebab, memprovokasi agar tidak berkegiatan di Aula Unasman.

“Saat itu, kami teman-teman panitia melakukan persiapan mulai dari malam hingga saat kegiatan ingin berlangsung. Sekitar pukul 09.00 Wita. Datang sejumlah oknum, menegur dengan nada kasar. Untuk tidak menggunakan aula tersebut, bahkan merobek spanduk kegiatan kami. Sehingga memicu terjadinya perdebatan yang berujung pada bentrokan,” jelas Heri kepada fajar.co.id, via sambungan telepon, Minggu (21/2/2021).

Heri sapaan karibnya, mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik yayasan untuk menggunakan aula tersebut.

“Pihak HMI sendiri sudah sepakat dengan ketua yayasan untuk menggunakan aula tersebut, dalam kegiatan pembukaan LK II. Apalagi kami telah membayar sesuai dengan mekanisme yang ada. Namun, dari teman-teman pihak sebelah, mengusir kami dari Aula. Seakan kami tidak boleh berkegiatan di Aula UNASMAN,” terangnya.

Komentar