Kondisi Terkini Banjir DKI Jakarta Ini Membuat Anies Baswedan Bersyukur

Minggu, 21 Februari 2021 19:43

SUDAH SURUT: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau genangan di dekat Pintu Air Sudirman Atmaja, Jakarta Pusat, Sabut (20/1). (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan penyebab terjadinya banjir yang melanda sejumlah wilayah di ibu kota pada Sabtu (20/2). Banjir sempat melanda kawasan elite seperti Kemang, Widya Candra hingga Jalan Jenderal Sudirman.

Dia menduga, kawasan itu bisa terdampak banjir karena meluapnya aliran air dari Kali Krukut. Menurutnya, daya tampung kali tidak sebanding dengan debit air, sehingga menyebabkan luapan air ke pemukiman warga.

“Kawasan-kawasan yang tergenang cukup banyak kemarin, karena terlewati sungai Krukut seperti misalnya, kawasan Kemang, Tendean, Widya Candra, bahkan kawasan Jalan Jendral Sudirman, itu kelewatan dengan Kali Krukut,” kata Anies di Jakarta, Minggu (21/2).

Meski demikian, Anies mengklaim saat ini debit air sudah kembali pada titik normal. Karena hujan tidak lagi mengguyur Jakarta dan wilayah lainnya sejak Minggu (21/2) pagi. Dia menyebut, ruas jalan ibu kota juga kini tidak lagi terlihat genangan air.

“Alhamdullilah, tadi malam sudah mulai surut dan proses pemompaan berjalan terus hingga menjelang subuh. Sehingga kita bisa menyaksikan pagi ini, jalan-jalan itu sudah kering dan sudah bisa dilewati kendaraan dengan baik,” beber Anies.

Selain Kali Krukukt, aliran air yang kembali pada titik normal adalah Sungai Ciliwung, Sunter, dan Pesanggerahan. Meski demikian, masih ada air kiriman dari wilayah Tangerang ke Jakarta melalui Kali Anke.

Komentar