Puluhan Paus Mati Terdampar, Petugas Keluarkan Gas Metan untuk Hindari Ledakan

Minggu, 21 Februari 2021 11:20

Puluhan paus mati terdampar di Madura. (int)

FAJAR.CO.ID — Puluhan paus terdampar di Pantai Modung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (18/2/2021).

Jumlah paus yang terdampar di Pantai Modung, Bangkalan, mencapai 52 ekor. Ada 3 ekor yang hidup, sedangkan sisanya mati. Ketiga paus itu telah dilepas ke laut lagi.

Masyarakat sekitar menyebut, kejadian ini belum pernah terjadi sebelumnya. “Para nelayan heran karena datangnya langsung bersamaan,” tutur salah satu warga, Luthfi.

Dia menyebut, beberapa paus yang terdampar ditemukan dalam kondisi luka.

Sementara itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Jawa Timur bergegas melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebabnya. Kata Kepala Bidang Konservasi Sumberdaya Alam BKSDA Wilayah II Jawa Timur RM Wiwied Widodo, peristiwa ini termasuk langka.

“Ini fenomena langka, biasanya yang terdampar di pantai hanya beberapa ekor, tapi ini sampai puluhan atau satu koloni. Kami sedang selidiki penyebabnya,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mengubur puluhan ikan tersebut. Sebelum mengubur petugas terlebih dahulu membelah dan membuat lubang di perut paus untuk mengeluarkan kandungan gas metan.

Pembuangan kandungan gas metan di dalam perut paus itu dilakukan agar tidak terjadi ledakan.

“Kami membelah dan memberikan lubang guna menghindari kemungkinan potensi terjadinya ledakan karena adanya kandungan gas metan di tubuh ikan itu,” katanya, Sabtu (20/2/2021).

Komentar


VIDEO TERKINI