Banjir di Jakarta Telan Lima Korban Jiwa

Senin, 22 Februari 2021 10:11

Salah satu titik banjir di DKI Jakarta-- Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hujan ekstrem yang terjadi di Jakarta pada Sabtu (20/2) dini hari telah menyebabkan sejumlah wilayah banjir. Lima orang tewas dan ribuan lainnya mengungsi akibat bencana tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto menyebut ada lima orang meninggal dunia saat banjir menerjang wilayah Jakarta.

“Lima korban tewas terdiri atas seorang lanjut usia dan empat anak-anak,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/2).

Dijelaskannya, seorang pria korban berusia 67 tahun, meninggal dunia setelah terkunci di dalam rumah yang tergenang, di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan.

Sementara empat anak-anak yang meninggal, tiga diantaranya hanyut terseret arus banjir di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Ketiganya merpakan anak laki-laki. Sedangkan satu korban, anak perempuan berusia tujuh tahun yang tenggelam di Jakarta Barat.

Dia katakannya, pihaknya telah mendistribusikan bantuan berupa makanan dan perlengkapan untuk proses evakuasi maupun pembersihan.

“Sesuai instruksi Pak Gubernur, kami akan terus upayakan untuk penanganan dengan mengutamakan keselamatan jiwa,” ujarnya.

Berdasarkan data BPBD DKI, titik banjir mulai surut pada sejumlah wilayah Jakarta. Namun tercatat masih ada 49 rukun tetangga (RT) yang terdampak banjir dari jumlah total 30.470 RT atau 0,161 persen.

“Jumlah pengungsi sebanyak 1.722 jiwa dari 514 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur. Dan masih ada 10 lokasi pengungsian yang juga disiapkan di wilayah Jakarta Timur,” terang Sabdo.

Komentar