Ekonomi Sulsel Tumbuh Lebih Baik di Atas Nasional

Senin, 22 Februari 2021 10:15

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank Indonesia (BI) merevisi target pertumbuhan ekonomi secara nasional. Tetapi di Sulsel justru diperkirakan tumbuh lebih tinggi di tahun 2021.

Awalnya prakiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 pada kisaran 4,8 – 5,8 persen. Namun direvisi BI turun dikisaran 4,3 – 5,3 persen.

Bedanya, di Sulsel justru diperkirakan akan tumbuh lebih tinggi.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Budi Hanoto yakin akan itu.

“Tekanan ekonomi akibat Covid-19 mulai mereda. Hal tersebut sejalan dengan peningkatan aktivitas masyarakat dan dunia usaha, di Sulsel,” kata Budi, kemarin.

Perbaikan ekonomi lanjutnya, dari sisi eksternal diperkirakan akan ditopang oleh pemulihan aktivitas ekonomi negara mitra dagang utama Sulsel. Serta harga komoditas ekspor nikel yang berada dalam tren meningkat.

Harga nikel dunia pada Januari 2021 tercatat tumbuh 32,18 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan harga pada bulan Desember yang tercatat tumbuh 27,89 persen (yoy).

“Lapangan usaha utama Sulsel diperkirakan tumbuh lebih tinggi pada tahun 2021. Didukung perbaikan konsumsi masyarakat dan terjaganya kelancaran aktivitas logistik,” jelasnya.

BI Sulsel mendata, Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Januari 2021 mulai mengalami perbaikan. Meskipun masih dalam fase kontraksi -1,26 persen (yoy), tetapi tidak sedalam kontraksi pada Desember 2020 yang mencapai -7,14 persen (yoy).

Komentar


VIDEO TERKINI