Pasca Banjir DKI-Bekasi, PMI Dorong Pembersihan dan Layanan Dapur Umum

Senin, 22 Februari 2021 14:05

FAJAR.CO.ID, JAKARTA, – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said mendorong penyediaan air bersih dan dapur umum PMI dalam respons banjir di DKI Jakarta dan Bekasi. Hal itu disampaikan Sekjen saat meninjau operasi kemanusiaan Banjir DKI Jakarta di Markas PMI Jakarta Barat (Jakbar), Jalan Perdana, Grogol Petamburan, Senin (22/2/2021). Sebelumnya, Sudirman juga meminta relawan PMI menerapkan protokol kesehatan covid-19 dalam respons banjir tersebut.

Pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak banjir terus dilakukan PMI. Sebanyak lima truk tangki dikerahkan PMI Pusat untuk membantu pemerintah menyediakan air bersih bagi warga terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya. Hingga Minggu (21/2/2021), PMI telah mendistribusikan air bersih ke lebih dari 50 lokasi terdampak banjir.

“Di beberapa titik air mulai surut, sementara suplai air bersih belum. Kami berinisiatif mendorong kebutuhan air bersih dengan truk tangki,” terangnya.

Selain pelayanan air bersih, PMI juga menyiagakan 10 unit pompa air (alkon) untuk membantu pembersihan lumpur pada sumur atau lingkungan. Alat tersebut juga, kata Sudirman, dapat digunakan untuk mempercepat penyurutan air di wilayah terdampak.

“Kami dorong 5 unit (alkon) ke Kota Bekasi,  dan 5 unit ke Kabupaten Bekasi,” imbuhnya.

Bersamaan dengan pemenuhan kebutuhan air bersih, PMI juga membagikan 300 alat kebersihan di Kota dan Kabupaten Bekasi. Hal tersebut, kata Sudirman,  untuk mempercepat proses pemulihan pascabanjir. Sudirman menambahkan, relawan PMI juga melakukan pembersihan dan disinfeksi di pengungsian dan fasilitas kesehatan terdampak banjir.

Komentar