PT KAI Batalkan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh akibat Banjir

Senin, 22 Februari 2021 10:11

Ilustrasi rangkaian KA melintas di jalur antara Stasiun Tawang dan Alastuwa Semarang yang selesai ditinggikan akibat tergenang banjir beberapa waktu lalu. (DOK. ANTARA)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT KAI (Persero) menyampaikan, cuaca ekstrim di beberapa wilayah mengakibatkan perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Jauh terhambat. Di area Daop 1 Jakarta dampak dari cuaca ekstrim terjadi di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 yang sempat terendam banjir pada Minggu 21 Februari 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150cm diatas Kop Rel.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun arus air yang mengalir cukup deras di daerah banjir juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus sehingga memerlukan waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel.

“PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (22/2).

Sampai dengan saat ini, pihaknya melakukan upaya maksimal untuk memperbaiki prasarana yang terdampak banjir tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak.

Dengan mempertimbangkan keselamatan, kondisi jalur rel yang terdampak banjir belum dapat dilalui untuk perjalanan Kereta Api, sehingga pada Senin 22 Februari 2021 seluruh perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali dibatalkan.

“Secara total terdapat 15 KA yang dibatalkan dari area Daop 1 Jakarta. 7 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 8 KA dari Stasiun Gambir,” tuturnya.

Komentar


VIDEO TERKINI