Sejuta Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK di 2021, Ini Syaratnya

Senin, 22 Februari 2021 18:11

Ilustrasi guru honorer

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Para guru masih mempertanyakan kebijakan dan syarat dalam rekrutmen seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk 1 juta guru honorer di 2021.

Pertanyaan tersebut tertuang dalam unggahan di akun Instagram Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tertanggal 17 Februari 2021.

Dalam unggahan itu disebutkan bahwa mekanisme PPPK memberikan perlindungan dan tingkatkan kesejahteraan guru honorer. Hal itu juga merupakan upaya pemerintah dalam menyelesaikan kekurangan guru.

“Tahun ini, pemerintah telah membuka rekrutmen PPPK. Kuota mencapai satu juta guru. Dengan menjadi PPPK, guru honorer akan mendapatkan perlindungan kerja dan peningkatan kesejahteraan,” tulis akun ditjen.gtk.kemdikbud yang dikutip JawaPos.com, Senin (22/2).

Dikatakan juga bahwa PPPK dan PNS statusnya sama-sama aparatur sipil negara (ASN). Gaji dan tunjangan pun setara dengan PNS, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK.

Salah satu persoalan yang ditanyakan adalah terkait apakah guru PPPK akan mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG) atau tidak hingga pertanyaan perihal guru PPPK akan mendapatkan tunjangan pensiun atau tidak.

Menjawab hal itu, Direktur GTK Kemendikbud, Praptono mengatakan bahwa para guru PPPK akan mendapatkan TPG apabila memiliki sertifikat pendidik. Lalu, guru PPPK juga bisa mendapatkan tunjangan pensiun sama seperti PNS.

Bagikan berita ini:
9
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar