Silaturahmi Awal Tahun, Gubernur Sulsel – Kakanwil DJPb Permantap Tata Kelola Keuangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Gubernur Sulawesi-Selatan Prof. HM Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Kepala Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Sulsel yang baru, Syaiful di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin, 22 Februari 2021.

Syaiful mengantikan Kakanwil DJPb Suslel yang lama, Sudarmanto.

"Pertama sebagai warga baru, sebagai tamu orang timur izin masuk. Jadi kalau kita datang, 'Harus nampak muka/Pulang harus nampak punggung/'," sebut dengan pantun pria asal Riau ini.

Pertemuan ini disebutmya penting dilakukan di awal tahun. Dalam tata kelola anggaran dibutuh support dan dukungan dari Gubernur sebagai pimpinan di Sulawesi Selatan. Baik itu, terkait dengan tata kelola untuk transfer ke daerah dan dana desa.

"Ini dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi desa dan mendukung program percepat pemulihan ekonomi," sebutnya.

Dukungan lain juga dalam penanganan Covid-19 serta pengembangan UMKM. Terutama yang betul-betul terpengaruh dan terdampak.

Dengan kondisi covid ini, sehingga dukungan ini penting untuk mencarikan sumber-sumber pembiayaan baru bagi UMKM.

Dukungan gubernur juga dibutuhkan terkait vaksinasi tahap ketiga bagi penyelenggara layanan publik, khususnya di sektor pemerintahan, termasuk di Kanwil DJBp.

"Hal-hal itu tadi yang kita diskusikan dengan beliau. Sehingga beliau mendukung penuh upaya awal ini. Sehingga tata kelola keuangan itu betul-betul bisa berjalan dengan baik gitu," ungkapnya.

Syaiful menyampaikan, dari hal tersebut, Gubernur menekankan upaya mencarikan sumber pembiayaan bagi UMKM. Di DJPb untuk hal ini memiliki Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah. Kegiatannya menyalurkan bantuan bagi usaha kecil, menengah, dan mikro. Di mana selama ini masih disalurkan melalui PNM dan Pegadaian serta Bona Ventura.

  • Bagikan