Besok, 15.640 Vaksin Sinovac Mendarat di Sulsel

Selasa, 23 Februari 2021 13:22

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sulsel, dr Nurul AR (Ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Sebanyak 15.640 vaksin Sinovac akan mendarat di Sulawesi Selatan besok, Rabu (24/2/2021). Vaksin ini dikhususkan untuk para pelayan publik dan lanjut usia (lansia).

“Insya Allah besok itu sudah tiba di Makassar di Sulsel. Jadi yang kita harapkan nanti untuk sasaran tahap dua itu adalah petugas publik/pelayanan publik dan lansia,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul AR, kepada Fajar.co.id, ketika dihubungi, Selasa (23/2/2021).

Nurul berharap, rencana pengiriman vaksin tidak tertunda. Agar vaksinasi untuk tahap kedua bisa segera dimulai. Setelah mendarat di Sulsel, vaksin Sinovac akan akan segera didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota.

“Jadi kita menunggu untuk kemudian kita distribusikan ke tempat yang fokus di kabupaten/kota. Jadi harapan kita nanti, kita mengatur porsi-porsi dari masing-masing sasaran tersebut,” lanjutnya.

Meski tetap vaksin sinovac, pengemasan vaksin yang akan dikirim kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Sebelumnya vaksin yang dikirim dalam satu via terdapat satu dosis. Untuk vaksin yang akan dikirim besok, dalam satu vial terdapat 10 dosis.

“Bisa jadi untuk 10 orang atau kalau indeks pemakaiannya kita bisa serapkan sampai 9 orang. Jadi tahap dua itu jumlah sasarannya lebih besar. Tetapi kita akan bertahap itu sampai kalau untuk lansia itu sampai Juni masih bisa,” beber Nurul.

Komentar