Upaya BI Membangun Ekonomi Digital, Pemprov Sulsel Komitmen TP2DD Terbentuk Awal April

Selasa, 23 Februari 2021 14:02

Upaya BI Membangun Ekonomi Digital

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Upaya menjadikan Sulawesi Selatan sebagai ekosistem ekonomi digital, Bank Indonesia menggelar Sosialisasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) pemerintah daerah se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Asisten Administrasi Pemprov Sulsel, Tautoto TR berharap agar TP2DD segera terbentuk awal april medatang di seluruh Kabupaten Kota Sulawesi Selatan.

“Kami berharap bulan maret diadakan roadshow pembetukan TP2DD, semua elemen pemda hadir hari ini, setelah mereka pulang agar langsung membentuk tim TP2DD, kami akan memonitor bersama tim dari Pemprov, BI, OJK, dan Bank Sulselbar, targetnya awal april TP2DD sudah terbentuk di seluruh Kabupaten Kota,” tutur Toto, Selasa (23/2/2021).

Lanjut, ia berharap agar program tersebut dapat menjadi dorongan dalam membantu transaksi elektronik perekonomian masyarakat, melalui penerapan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Sosialisasi yang berlangsung di Wrap Room, Four Points Makassar. Bersama Tim BI, menghadirkan sejumlah Sekda, Bapemda, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), yang diharapkan siap menggelar roadshow pembentukan TP2DD tiap kabupaten kota.

Untuk diketahui, hingga Februari 2021, jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRIS di Sulawesi Selatan mencapai 193.294 merchant atau tumbuh sebesar 209,3% (yoy). Tingkat pertumbuhan tersebut berada diatas pertumbuhan nasional (120,0%; yoy) dan menjadikan Sulawesi Selatan menempati peringkat ke-7 dari segi jumlah merchant QRIS di Indonesia dan sebagai salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan merchant QRIS tertinggi di Indonesia. (mg2/fajar)

Komentar