GeNose Tersedia di Bandara Mulai 1 April, Biaya Naik Pesawat Lebih Murah

Rabu, 24 Februari 2021 22:37

(IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — GeNose, alat deteksi Covid-19 karya anak bangsa, hasil temuan peneliti dari UGM Yogyakarta akan diterapkan di simpul-simpul transportasi publik. Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan tes GeNose untuk transportasi udara mulai 1 April 2021.

Tes GeNose juga akan digunakan di transportasi laut. Rencananya alat ini digunakan di Pelabuhan Tanjung Priok akhir pekan nanti secara acak atau random.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menuturkan, penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses alat pendeteksi (screening) Covid-19 yang lebih terjangkau, sehingga dapat mengurangi potensi penularan saat menggunakan transportasi umum.

Ia menjelaskan, di kereta api, animo masyarakat untuk menggunakan GeNose sangat tinggi dan saat ini para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara juga menginginkan penggunaan GeNose.

“Penerapan pemeriksaan melalui GeNose di sektor kereta api bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi para pemangku kepentingan di sektor perhubungan laut dan udara,” ujar Budi Karya dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

Ia meminta Dirjen Perhubungan Udara dan Laut untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP-nya, menyesuaikan dengan regulasi yang ada di kedua sektor tersebut.

Sebagai informasi, kehadiran GeNose sebagai salah satu alternatif alat pendeteksi Covid-19 yang digunakan di simpul-simpul transportasi, karena GeNose merupakan produk dalam negeri dan memiliki kelebihan-kelebihan seperti, lebih mudah dan aman penggunannnya serta tingkat akurasi cukup tinggi.

Komentar


VIDEO TERKINI