Perluas TPA Antang, DLH Makassar Siapkan Anggaran Rp12,52 Miliar

Rabu, 24 Februari 2021 19:15

TPA Antang FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar. Kapasitasnya dinggap tidak bisa menampung sampah yang masuk.

Plt Kepala DLH Makassar, Mario Said mengatakan, pihaknya berencana menambah lahan seluar dua hektare. Anggaran disiapkan dari APBD 2021 sebesar Rp12,52 Miliar.

“Kita harap anggaran itu cukup sampai pembelian 2 hektar lebih,” ungkap Mario saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Kendati demikian, semua bergantung harga tanah yang ditetapkan pemilik lahan. Kesepakatan warga dan Pemkot Makassar.

“Nanti kita lihat bagaimana kesepakatan warga terkait harga satuannya,” ucapnya.

Menurut Mario, TPA Antang memang perlu tambahan lahan. Sampah yang masuk ke TPA masih cukup banyak. Mencapai 800 ton per hari. Jika dikalkulasi, jumlah sampah yang masuk di TPA bisa mencapai 24.000 ton tiap bulannya.

“Kadang juga di waktu-waktu tertentu bisa mencapai 950 ton per hari,” keluh Mario

Dengan melihat kondisi TPA Antang saat ini, Kata Mario, lahan baru seluas dua hektar itu diperkirakan bisa menampung sampah hingga tiga tahun kedepan.

Banyaknya sampah yang masuk di TPA butuh solusi jangka panjang. Penambahan lahan baru tidak bisa terus menerus dilakukan. Termasuk mempercepat proses pembangunan TPA Regional Mamminasata.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin tidak menampik penambahan lahan baru di TPA sangat dibutuhkan. Namun masih perlu dipertimbangkan. Terlebih, pembuangan di TPA masih konvensional atau open dumping.

Komentar


VIDEO TERKINI