Warga NU di Sulsel Bakal Pasang 98 Juta Bendera, Ada Apa?

Rabu, 24 Februari 2021 19:10

Pengurus GP Ansor Sulsel menemui Rais Syuriah PW NU Sulsel AGH KH Sanusi Baco

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Warga Nahdlatul Ulama (NU) di seluruh Indonesia bakal bergerak memasang 98 juta bendera. Terdiri dari bendera Merah Putih, Nahdlatul Ulama (NU), GP Ansor, dan Banser, pada 26-28 Februari 2021.

Gerakan ini dalam rangka peringatan hari lahir (Harlah) NU ke-98 yang jatuh pada 16 Rajab 1442 Hijriyah yang bertepatan 27 Februari 2021.

Harlah ke-98 diperingati berdasarkan hitungan penanggalan Hijriyah yang merupakan rangkaian dari peringatan harlah ke-95 NU berdasarkan penanggalan masehi, pada 31 Januari lalu.

Selain itu, gerakan ini juga menjadi rangkaian jelang satu abad NU.

Ketua GP Ansor Sulawesi Selatan, Rusdi Idrus mengatakan, warga NU di Sulsel akan ikut bergerak memasang bendera di setiap sudut rumah, sekretariat, kantor-kantor, dan tempat-tempat strategis jangkauan NU.

“Tujuannya untuk membangkitkan ghirah (semangat) dan syi’ar sebagai jamiyah dan jamaah Ansor dan NU,” kata Rusdi kepada fajar.co.id, Rabu (24/02/2021).

Ia berharap, jelang satu abad, NU semakin menunjukkan kedekatan kepada masyarakat, strukturnya semakin kuat, amaliyah, harakah dan fikrahnya semakin nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Secara internal harapan saya seluruh lembaga, lajnah dan banom dalam naungan NU semakin bersinergai, bergerak sesuai peran dan fungsinya,” jelasnya.

Pada tahun 2026 mendatang, NU mencapai usia satu abad atau 100 tahun sejak dideklarasikan pada 1926 di Surabaya oleh para kiai yang dinakhodai Hadlratussyekh KH Hasyim Asy’ari.

Komentar