Disdik Sulsel Usulkan Sekolah Tatap Muka, Pengamat Pendidikan : Sabar

Kamis, 25 Februari 2021 15:46

Erwin Akib

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), usulkan pembukaan sekolah tatap muka secara bertahap bagi siswa, dalam persiapan menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Rencana ini telah disampaikan langsung pada Gubernur Sulawesi Selatan. Dimana hanya dikhususkan bagi siswa kelas XII jenjang SMA/SMK. Namun rencana ini masih dikaji lebih lanjut. Sesuai dengan indikator penyebaran Covid 19 di tiap kabupaten dan kota di Sulsel.

Usulan ini didasarkan pada evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi. Dimana, dari hasil pantauan di sejumlah sekolah. Pembelajaran dengan sistem daring ini, guru sulit mentransfer ilmu pada peserta didik di beberapa mata pembelajaran tertentu.

Menanggapi hal itu, pengamat pendidikan, Erwin Akib, menyampaikan bahwa kita mesti menghargai himbau yang berikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar. Terkait tanda (warning) kepada pemerintah. Itu harus menjadi pertimbangan kita bersama. Karena kasus Covid-19 di Propinsi Sulawesi Selatan, belum bisa dikatakan melandai.

“Ketika Pemprov Sulsel menindaklanjuti masukan dari Disdik Sulsel. Siapa yang bisa menjamin peserta didik atau tenaga pendidik tidak terkonfirmasi virus Covid-19. Meskipun ada regulasi yang ketat dalam proses pembelajaran tatap muka. Belum tentu menjamin peserta didik akan aman dengan regulasi itu. kita mesti menghargai himbauan dari IDI Makassar terkait tanda yang diberikan untuk kondisi saat ini,” kata Erwin, kepada fajar.co.id, melalui via sambung telepon, Kamis (25/2/2021).

Komentar