Gantikan Mendiang Zaenal Beta, Putra Ketua PAN Sulsel Jadi Legislator DPRD Makassar

Kamis, 25 Februari 2021 17:52

Syukran Ashabul Kahfi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tinggal selangkah lagi, Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Makassar dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang meninggal dunia bakal diresmikan.

Hamzah Hamid, Ketua Fraksi PAN DPRD Makassar menyatakan, setelah surat penetapan KPU diterbitkan, selanjutnya DPRD Makassar bersurat ke Pemprov Sulsel. Paling lama 7 hari setelah surat itu dikirim, keputusan akan dikeluarkan.

“Selanjutnya DPRD Makassar akan menjadwalkan rapat paripurna penetapan PAW. Paling tidak, awal Maret sudah beres,” katanya saat dihubungi, Kamis (25/2/2021).

Satu kursi Fraksi PAN di DPRD Makassar praktis kosong setelah Zaenal Beta meninggal dunia pada 9 Januari lalu. Sosok penggantinya ialah Syukran Ashabul Kahfi, Politisi muda yang juga putra Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi.

Ia berhak menjadi PAW karena berada satu Dapil dan di posisi kedua di bawah mendiang Zaenal Beta kala Pileg 2019 lalu.

Syukran dan mendiang Zaenal Beta berada di Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kecamatan Rappocini, Makassar, Ujung Pandang.

KPU kota Makassar telah menyetujui usulan DPRD terkait PAW Legislator PAN. Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar menyampaikan terkait PAW anggota DPRD kota Makassar dimaksud, pihak KPU langsung menggelar rapat pleno, kemudian surat balasan dikirim hari ini.

Gunawan mengatakan, pihaknya menetapkan Syukran Ashabul Kahfi sebagai pengganti Zaenal Dg Beta di DPRD Makassar. Hal itu karena Syukran berada di urutan kedua perolehan suara di Dapil I dari PAN.

Komentar


VIDEO TERKINI