Perintah Kapolri Soal Tes Urine, Komisi III: Lakukan Secara Rutin dan Mendadak

Jumat, 26 Februari 2021 08:53

Anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi

FAJAR.CO.ID, BONE — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan para kapolda untuk menggelar tes urine terhadap semua anggota kepolisian tanpa terkecuali. Namun, polisi harus melakukannya secara dadakan.

Anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi mendukung langkah Kapolri tersebut. Sebab peredaran narkoba ini sudah cukup mengkhawatirkan. Dan tes urine ini dilakukan terus menerus sehingga tidak ada lagi polisi yang mengonsumsi narkoba.

“Harus dilakukan secaran transparan, kalau bisa dilakukan secara rutin dan secara dadakan, jangan sampai ditahu oleh polisinya,” katanya kepada FAJAR Jumat (26/2/2021).

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, tes urine ini penting untuk memastikan anggota polri terbebas dari narkoba. Apalagi di Sulsel ini memang semakin tinggi narkoba. Bone dan Sidrap zona merah narkoba.

“Bapak Kapolda Sulsel juga sudah bilang hal ini diatensi khusus. Dan aparat yang macam-macam nda ada ampun. Akan langsung dia (Kapolda Sulsel) selesaikan,” bebernya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram Nomor: ST/331/II/HUK.7.1/2021 tertanggal 19 Februari 2020 mengenai pelaksanaan tes urine kepada seluruh anggota Polri untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polri.

Surat telegram tersebut dikeluarkan menyusul terjadinya penangkapan Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi yang sedang menggunakan narkoba beserta 11 anggotanya. (agung/fajar)

Komentar