Pilkades Serentak di Bone, Ini Tahapannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BONE — Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bone, dijadwalkan November 2021 mendatang. Namun tidak semua desa melakukan pemilihan. Hanya 177 desa saja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bone, Andi Gunadil Ukra mengatakan, ada 177 desa melaksanakan pemilihan di tahun 2021. Lalu tahun 2022 sebanyak 121 desa. “Untuk tahun ini tahapan Pilkades di mulai bulan Juni dan pemilihan bulan November,” katanya Jumat (26/2/2021).

Kata dia, saat ini pihaknya sementara merancang Peraturan Daerahnya (Perda). Pihaknya bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas). Ada lima Perda akan dijadikan satu.

Sekadar diketahui Pilkades nantinya dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Hal ini berdasarkan instruksi surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jumlah pemilih setiap tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 500 orang. Jadi ada penambahan jumlah TPS menjadi 613 TPS.

“Panitia setiap TPS hanya 7 orang. Total 4.219 panitia. Surat suara pun perlu ada penambahan. Begitupun bilik suara. Belum makan dan minum dan kebutuhan lainnya,” bebernya

Mantan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bone itu mengaku bahwa, pelaksanaan Pilkada sedikit terkendala dengan anggaran yang terbatas.

“Sudah disiapkan anggaran untuk Pilkades 177 desa, tapi adanya surat Kemendagri, Pilkades harus sesuai Prokes membuat anggaran membengkak. Makanya kami carikan anggaran untuk Pilkades. Anggarannya tidak sedikit. Apalagi ada refocusing,” ucap Andi Gunadil. (agung/fajar)

  • Bagikan