Tentang Umat Islam di Turki

Jumat, 26 Februari 2021 18:16

Dokumentasi Nur Alim Djalil.

Setelah “penghapusan” Islam di Turki oleh rezim Attaturk, kemudian mulai dikembalikan oleh Erdogan sejak 2000, pemerintahan Turki perlu kerja lebih keras untuk membangunkan generasi mudanya.

Jangan sampai Turki hanya bangga dengan kebesaran masa lalunya. Turki hanya bangga dengan relik beberapa nabi dan rasul tersimpan di negaranya. Tapi itu tidak menjadi spirit untuk generasi mereka. Ya, Turki jangan sampai hanyalah sebuah museum yang menyimpan peninggalan para nabi.

Sepertinya, tidak hanya Turki yang menghadapi tantangan bagi generasi mudanya. Hampir semua negara yang mayoritas Islam. Indonesia tentu termasuk. Hanya saja di Indonesia, majelis-majelis yang dimotori generasi muda untuk menyampaikan dakwah sangat terbuka dan tumbuh subur.

Maka tidak heran bila di Indonesia, banyak kita jumpai jemaah dengan style milenial ikut mengisi barisan di masjid. Berbeda dengan di Turki, sedikit dijumpai majelis-majelis dakwah seperti di Indonesia.

Indonesia sepertinya mendapat respek yang positif di Turki. Bila menyebut Indonesia, mereka seketika bersikap serius dan segan. Berbeda di Arab Saudi, orang Indonesia sering jadi bulan-bulanan candaan mereka.

Bagikan berita ini:
9
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar