Tiga Kepala Daerah Ini Berpotensi Melawan Nurdin Abdullah di Pilgub Sulsel

Jumat, 26 Februari 2021 15:49

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melaksanakan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) baru saja usai melantik 11 kepala daerah yang terpilih pada Pilkada serentak tahun 2020.

Tiga diantaranya disebut-sebut punya kekuatan politik untuk melawan NA di Pilgub Sulsel 2023.

Ketiganya adalah Bupati Gowa Adnan Purichta, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny Pomanto, dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Menurut Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Sukri Tamma, para kepala daerah tersebut harus memenuhi syarat untuk menjadi penantang NA yang berstatus incumbent di Pilgub Sulsel mendatang.

“Tentu saja diproses politik ada syarat bagi mereka yang ingin terlibat (Pilgub Sulsel) apalagi yang akan dilawan adalah incumbent. Apa saja syaratnya? Pertama, jaringan politiknya harus kuat. Kedua, sumber daya ekomoni seberapa besar. Dan ketiga, imagesnya sebagai tokoh yang berhasil harus ada,” kata Sukri dihubungi fajar.co.id, Jumat (26/02/2021).

Dijelaskan Sukri bahwa NA selama ini dikenal sebagai tokoh atau kepala daerah yang berhasil, sehingga images dari para penantangnya nanti akan menjadi hitungan yang paling penting.

Untuk itu, kata Sukri momen pelantikan kali ini adalah langkah awal bagi para calon penantang untuk mempersiapkan semua syarat yang dibutuhkan.

“Sekarang adalah ruang mereka untuk menunjukkan diri berhasil. Momen pelantikan adalah langkah awal mereka, ajang untuk memenuhi syarat secara maksimal untuk menantang incumbent,” jelasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI