Aktivitas Freestyle Marak dan Meresahkan, Pengamat Sosial: Mereka Tidak Cukup Terwadahi

Sabtu, 27 Februari 2021 10:29

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Belakangan, aktivitas freestyle menggunakan sepeda motor di jalan raya marak terjadi di Kota Makassar. Kegiatan yang kerap dilakukan oleh kaum remaja ini menimbulkan keresahan bagi pengendara lainnya.

Menurut Pengamat Sosial dari Universitas Hasanuddin (Unhas), M. Ramli AT, fenomena ini bisa dilihat dari banyak aspek. Salah satunya dikarenakan masih banyaknya anak-anak remaja yang tidak mendapatkan tempat untuk penyaluran aktivitas baik mereka atau yang lebih berdampak positif bagi masa depannya sendiri.

“Mereka tidak cukup terwadahi dan punya pendidikan dari lingkungannya, bagaimana semestinya menyalurkan aktivitas di masa remaja sehingga berdampak baik pada diri dan masyarakat,” kata Ramli saat diwawancara, Sabtu (27/2/2021).

Ramli mengatakan, karakter manusia pada umumnya memang tidak pernah cukup efektif memupuk sifat tanggung jawab sosial sejak dini.

Kesadaran pada setiap warga bahwa kita semua sebagai warga masyarakat perlu memiliki sensitivitas atas kepentingan pihak lain, dan mau menjadi bagian yang berkontribusi di dalamnya itu dinilai masih sangat minim.

“Hal seperti itulah yang perlu selalu diajarkan dan didengungkan untuk menumbuhkan kesadaran seperti itu di masyarakat,” sebutnya.

Ada pun kata dia, jika aktivitas yang menyimpang itu dilakukan oleh anak remaja maka perlu juga mempertanyakan apakah orang tuanya sudah cukup memberi keteladanan pada mereka. Apalagi kata Ramli dirinya kerap menemui orang yang sudah cukup berumur tapi tetap saja tidak berlalulintas dengan benar.

Komentar


VIDEO TERKINI