Berikan Jaminan ke Buruh, Baznaz Sulsel Jalin Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Minggu, 28 Februari 2021 20:49

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Selatan mendukung program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dengan mendaftarkan relawan Baznas dan pekerja rentan sektor pekerja bukan penerima upah (BPU) yang terdata di Baznas.

Dukungan ini tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, dengan Ketua Baznas Provinsi Sulawesi Selatan, Mappagio di Makassar, Minggu (28/2/2021).

Arief Budiarto mengungkapkan, tujuan Perjanjian Kerja Sama ini dalam rangka memberikan perlindungan dasar dan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang menyeluruh bagi relawan BAZNAS di Provinsi Sulsel dan pekerja rentan, guna meningkatkan harkat dan martabat sebagai upaya pencegahan kemiskinan akibat dari resiko sosial ekonomi sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan.

“Masih banyak pekerja yang kesehariannya berstatus sebagai pekerja, namun belum memikirkan atau bahkan belum mampu untuk memiliki perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, karena risiko dapat terjadi kapan saja dan di mana saja,” sambungnya.

Para relawan Baznas dan pekerja rentan nantinya akan dilindungi dengan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Untuk diketahui melewati tahun 2020, BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Wilayah Sulawesi Maluku telah mencatatkan hasil positif pada beberapa indikator kinerja seperti kepesertaan dan pelayanan.

Total 1,26 juta tenaga kerja telah terdaftar sebagai peserta aktif penerima upah (PU) BPJamsostek di Wilayah Sulawesi Maluku hingga akhir Desember 2020. Hasil ini merupakan pencapaian yang positif, yaitu tumbuh 11,61% dari tahun 2019.

Komentar