Dapat Dukungan PLN, Petani Untung, Destinasi Wisata Tercipta

Minggu, 28 Februari 2021 13:11

POTENSI AGROWISATA Wisatawan menikmati pemandangan cahaya lampu pijar dari atas bukit di Desa Pekalobean, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, beberapa waktu lalu. Potensi agrowisata ini mendapat perhatian dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) untuk dikembangkan ke depan. (FOTO: YUSRIADI/FAJAR)

Berkah Lampu Pijar Kebun Bawang Merah di Enrekang

Cahaya lampu pijar mendatangkan berkah bagi masyarakat Enrekang. Selain membuat petani bawang merah untung, destinasi wisata baru juga tercipta.

YUSRIADIEnrekang

Dari atas bukit Desa Pekalobean, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, tampak lampu pijar berwarna kuning berpendar membiaskan cahayanya. Lampu itu berada di kebun bawang merah milik petani.

Dari sore hari, lampu itu dinyalakan. Salah satunya di kebun milik Wawan (34). Lampu-lampu itu memenuhi beberapa sisi kebun. Dipasang pada tiang kayu yang dibawahnya diberi baskom berisi air. Pada baskom itulah, serangga penggangu tanaman bawang merah akan terjebak.

“Lampu ini rata-rata 5 sampai 10 watt. Menggunakan meteran langsung dari PLN dan ini cukup membantu mengusir hama,” beber Wawan saat ditemui di kebun miliknya usai menyalakan lampu pijar, Sabtu malam, 20 Februari lalu.

Malam itu waktu menunjukkan pukul 19.45 Wita. Wawan sudah bersiap-siap pulang ke rumahnya. Sebelum menggunakan lampu pijar, bapak dua anak itu kerap pulang lebih larut. Jaga-jaga ketika hama kupu-kupu menyerang kebun bawangnya. Ketika terjadi seperti itu, di malam hari pun ia langsung lakukan penyemprotan.

Bagikan berita ini:
1
8
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar