Muhammadiyah Berharap Penegak Hukum Teladani Artidjo Alkostar, Sang Pejuang Keadilan

Minggu, 28 Februari 2021 22:41

Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar, meninggal dunia Minggu (28/2/2021). Ungkapan duka cita dari masyarakat dan orang-orang yang mengenalnya terus mengalir.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Busyro Muqoddas mengenal sosok Artidjo sebagai guru hukum sejati yang terdepan memberi teladan utama.

“Almarhum telah memberi teladan kejujuran, keberanian dalam penegakan hukum,” tutur Busyro dalam keterangan tertulisnya.

Di mata Busyro, Mantan Hakim Agung itu merupakan sosok yang tidak lekang karena tekanan bedil maupun uang, dan tidak lapuk terhadap penyuap pemabok.

“Pribadi yang soleh secara ritual dan profesional yang berjasa besar tanpa pamrih dalam sejarah pemberantasan korupsi di republik yang terus dicemari para pengisap hak-hak rakyat,” katanya lebih lanjut.

Ucapan duka cita dan kenangan positif juga dikatakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir yang mengenang Artidjo sebagai penegak hukum yang berintegritas dan profesional tinggi.

“Almarhum merupakan sosok yang sederhana dan bersahaja, beliau merupakan akademisi dan penegak hukum yang telah selesai dengan dirinya, sehingga dirinya berkhidmat sepenuhnya dalam dunia penegakan hukum sampai akhir hayatnya tanpa banyak opini di ruang publik ,” tutur Haedar.

Haedar berharap generasi muda yang berkecimpung dalam bidang hukum, khususnya sebagai penegak hukum dapat meneladani sosok Artidjo yang juga akademisi itu. Artidjo adalah figur low-profile serta tidak menonjolkan diri di ruang publik.

Komentar


VIDEO TERKINI