Nurdin Abdullah Tersangka, Kemendagri Tunjuk Sudirman Sulaiman Sebagai Plt Gubernur Sulsel

Minggu, 28 Februari 2021 10:02

Nurdin Abdullah & Sudirman Sulaiman.

FAJAR.CO.ID — Nurdin Abdullah telah ditetapkan tersangka oleh KPK. Berdasar ketentuan yang berlaku, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun langsung menunjuk Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur. Itu untuk memastikan roda pemerintahan di Pemprov Sulsel tetap berjalan.

Merujuk pada ketentuan Pasal 65 UU 23 Tahun 2014, setelah Nurdin Abdullah (NA) ditahan, berarti tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga Kemendagri menugaskan wakil gubernur sebagai pelaksana tugas.

Hal itu dibenarkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik. Pihaknya per hari ini Minggu (28/2/2021) akan langsung menugaskan Andi Sudirman Sulaiman untuk menggantikan Nurdin Abdullah yang tengah terseret kasus hukum.

Sudirman Sulaiman akan memegang kendali Pemprov Sulsel sampai ada putusan resmi dari pengadilan ihwal kasus yang membelit NA.

Berdasarkan prosedur yang ada, Sudirman Sulaiman tidak serta merta bisa ditetapkan sebagai gubernur defenitif bila Nurdin Abdullah inkrah ditetapkan bersalah di pengadilan, melainkan harus melalui proses yang panjang.

Bagikan berita ini:
10
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar