Plt Gubernur Sulsel, Andi Luhur Priyanto: ASS Bisa Belajar dari Pengalaman NA yang Baik

Minggu, 28 Februari 2021 17:13

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Andi Sudirman Sulaiman (ASS) resmi ditunjuk Kemendagri untuk menggantikan posisi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA) yang ditetapkan tersangka oleh KPK atas dugaan suap sejumlah proyek infstruktur jalan.

ASS mulai menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel per 28 Februari 2021.

Terkait penujukan ASS, Pengamat Politik dan Pemerintahan, Andi Luhur Priyanto menilai ASS telah mendapatkan kesempatan untuk menujukkan kualitas kepemimpinannya.

Menurut Luhur, jika selama menjabat Wakil Gubernur Sulsel, ASS hanya menjadi ‘ban serep’ dari kepemimpinan NA, maka sekarang-lah waktunya untuk mengambil kendali penuh.

“Sekarang ia punya kesempatan untuk menunjukkan talenta kepemimpinannya. Membuktikan bahwa ia punya kendali penuh atas otoritas formal yang dimiliki. Termasuk memandang Sulsel yang lebih beragam,” papar Luhur.

Kendati demikian, tampaknya ASS punya pekerjaan awal untuk beradaptasi dan melakukan konsolidasi birokrasi untuk melanjutkan kepemimpinan yang ditinggalkan NA.

“Memimpin di era pandemi bukan hal yang mudah. Beberapa program strategis mesti direview sesuai kemampuan ekonomi daerah. ASS bisa belajar dari pengalaman NA yang baik,” jelas Luhur.

Bagikan berita ini:
7
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar