Rp15 Miliar Lebih, Sisa Anggaran Pilwalkot Makassar

Minggu, 28 Februari 2021 15:29

Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi mengungkapkan sisa anggaran Pilkada Kota Makassar 2020 sementara ini mencapai lebih dari Rp15 miliar.

Menurut Farid, sisa anggaran tersebut masih dalam tahap riview oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sehingga untuk angka pastinya akan disampaikan di hasil pemeriksaan akhir setelah riview BPK.

“Hitungan terakhir kita itu ada lebih Rp15 miliar sementara. Tapi kan sekarang review di BPK sementara berjalan,” kata Farid, Minggu (28/02/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan, setelah mendapatkan hasil review dari KPK, pihaknya akan melakukan revisi terakhir.

“Revisi terkahir dulu dari kita, baru kemudian kita laporkan ke pemerintah kota. Inikan dana hibah jadi harus dikembalikan, nah hitungan kami lebih dari Rp15 miliar akan dikembalikan,” katanya.

Farid menjelaskan, sisa anggaran terbilang besar karena pihaknya memang melakukan efisiensi terhadap sejumlah pemakaian anggaran. Mulai dari manajemen logistik hingga distribusi.

“Kenapa dia banyak silpanya? karena pertama kami melakukan efisiensi pada manajemen logistik, distribusi. Kedua, Makassar adalah salah satu daerah yang bergerak tanpa ada sengketa, jadi tidak ada anggaran hukum sama sekali, hanya sekitar Rp20 juta untuk data saja,” jelasnya.

Diketahui, total anggaran yang digunakan KPU Kota Makassar dalam pelaksanaan Pilkada 2020 kemarin sebesar Rp84,2 miliar. Anggaran itu bersumber dari Naskah Perjanjian Dana Hibah Pemerintah Kota Makassar.

Komentar