Ajak Santri Berbisnis dan Sebut Nabi Muhammad Pandai Berdagang, Ahok: Mohon Jangan Jadi Masalah Ya!

Senin, 1 Maret 2021 17:32

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut Nabi Muhammad SAW tak hanya mahir berdakwah tapi juga ahli dalam ilmu perdagangan.

“Mohon jangan jadi masalah ya. Saya berpikir Nabi Muhammad dulu juga bukan cuma dakwah, beliau juga dagang. Jadi jangan dipersoalkan dibilang saya menafsir-nafsirkan nabi ribut lagi nanti, ini saya mohon maaf, saya bikin disclaimer dulu ini,” kata Ahok dalam webinar Milad Pondok Pesantren Motivasi Indonesia ke-19 yang bertema “Pandemi dan Geliat Kemandirian Pesantren”, Minggu (28/2/2021).

Ahok kemudian menyarankan kepada para santri untuk tidak tabu dalam dunia bisnis agar pondok pesantren di tanah air bisa memiliki sumber penghasilan secara mandiri atau dalam pepatah Tiongkok mempunyai sumur sendiri.

“Jadi para santri ini dilatih bisnis bukan cuma dilatih kerja, dilatih bisnis, dilatih berbahasa Inggris dengan baik, mengerti tentang saham. Wah anak S2 pasti kalah ini,” serunya.

Ahok mengatakan kemandirian pesantren bakal sulit terbentuk kalau tidak mempunyai sumur sendiri. Sehingga pesantren didorong mempunyai penghasilan sendiri agar tidak banyak bergantung ke pihak lain.

“Yang saya lihat selama ini hanya tergantung kepada orang tapi pesantrennya sendiri tidak mempunyai penghasilan yang tetap, yang mampu membiayai. Kita harus pikirkan bagaimana caranya bisa mendapatkan satu sumur sendiri yang sumurnya juga bisa menghidupi masyarakat di sekitarnya,” ujar Ahok.

Komentar


VIDEO TERKINI