Kabar Baik Bantuan Kuota Internet 2021, Menteri Nadiem: Bisa Akses Semua Laman

Senin, 1 Maret 2021 17:29

Mendikbud Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Humas Kemendikbud

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim resmi mengumumkan bantuan kuota internet tahun 2021 tetap dilanjutkan, aksebilitas penggunaanya lebih banyak namun jumlah paketnya berkurang.

Hal itu, disampaikan dalam pengumuman resmi melalui siaran YouTube Kemendikbud RI hari ini, Senin (1/3/2021).

Pasalnya, bantuan kuota internet tahun 2021 mengalami berbagai macam modifikasi, fleksibilitas penggunaannya akan lebih banyak dibanding kebijakan sebelumnya. Sehingga, paket data yang disalurkan merupakan kuota umum dengan jangkauan aksesnya yang lebih banyak.

“Jadi di tahun 2021 kita akan memberikan kuota, tetapi dengan gigabyte yang lebih kecil dari pada kuota belajar sebelumnya, kuota ini merupakan kuota umum jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi,” papar Nadiem, Senin (1/3/2021).

Meskipun demikian, penggunaan kuota tersebut tetap dibatasi terhadap aplikasi dan situs yang tidak relevan dengan program pembelajaran.

Melalui situs resmi bantuan kuota Kemendikbud disebutkan bahwa kuota yang diberikan merupakan paket akses all network dengan pembatasan akses seperti, situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta aplikasi sosial media yaitu Twitter, Instagram, Facebook, dan Tiktok. Disebutkan pula pengecualian tersebut sewaktu-waktu dapat bertambah.

Kabar baiknya, lanjut Nadiem, bantuan kuota internet berlaku terhadap akses penggunaan YouTube. Ia mengungkap bahwa banyak siswa dan tenaga pendidik mendapatkan materi pembelajaran dari YouTube.

Komentar