Pemakaman Dipimpin Rektor, Artidjo Alkostar Dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII

Senin, 1 Maret 2021 10:40

Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA — Jenazah Artidjo Alkostar dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta. Prosesi pemakaman rencananya akan dipimpin Rektor UII sekitar pukul 10.00 WIB.

“Tempat pemakaman di Kompleks Pemakaman UII, Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang KM 14,5 Sleman, Jogjakarta,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (1/3).

Ali menyampaikan, jenazah Artidjo Alkostar telah diberangkatkan setelah sebelumnya disemayamkan dari RS Polri Kramat Jati sekitar pukul 20.00 WIB dan tiba di Jogjakarta pukul 03.00 WIB.

“Jenazah akan langsung disemayamkan di Auditorium Prof. Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII,” ucap Ali.

Juru bicara KPK berlatar belakang Jaksa ini menuturkan, prosesi pemakaman akan dipimpin oleh Pihak Rektorat UII. Rencananya akan dimulai pada pukul 10.00 WIB setelah disalatkan di Masjid Ulil Albab UII.

“Pimpinan KPK, Ketua dan anggota Dewas KPK serta beberapa pejabat struktural KPK lainnya di agendakan hadir dalam prosesi pemakaman tersebut,” tandas Ali.

Sebagaimana diketahui, Artidjo Alkostar meninggal pada usia 72 tahun, karena mengidap penyakit komplikasi. Sebelum menjabat sebagai Dewas KPK, Artidjo merupakan hakim agung selama kurang lebih 18 tahun.

Selama mengabdi di lembaga kehakiman, Artidjo telah menangani sebanyak 19.708 berkas perkara. Mantan ketua kamar pidana MA ini merupakan seorang yang bertangan dingin jika memutus perkara korupsi. Dia tidak segan memperberat hukuman untuk para koruptor yang mengajukan upaya hukum hingga tingkat kasasi ke MA. (jpg/fajar)

Komentar