Beli Rumah Baru Bebas PPN, Rachmatika Dewi: Belum Tersosialisasikan dengan Baik

Selasa, 2 Maret 2021 18:57

Rachmatika Dewi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisi B DPRD Sulsel menyambut baik kebijakan baru Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait pemberian insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pembelian rumah baru.

Aturan tersebut, tertuang dalam PMK 21/PMK.010/2021 yang ditetapkan kemarin, Senin (1/3/2021). Pasalnya, PPN ditanggung pemerintah sebesar 100 persen untuk rumah dengan harga maksimal Rp2 miliar dan PPN ditanggung sebesar 50 persen, jika harga rumah dengan rentang harga Rp2 miliar hingga Rp5 miliar.

Ketua Komisi B DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi mengatakan hal itu dapat menjadi terobosan untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Khusus di Kota Makassar, kader Partai Nasdem itu memandang efektif beleid program tersebut dan dapat berjalan dengan baik, mengingat dominasi masyarakat Makassar yang konsumtif dalam pembelian barang sesuai dengan sasaran PMK yang dibuat, meskipun realisasinya belum tersosialisasikan dengan baik.

“Aturan ini perlu disosialisasikan lebih lanjut, karena dasarnya masih banyak orang yang belum tahu pasti aturan baru ini. Karena baru ditetapkan kemarin, arahan lebih lanjut dari pusat juga belum ada,” tutur wanita yang akrab disapa Cicu itu kepada fajar.co.id, Selasa (2/3/2021).

Lebih dalam, ia menilai PMK tersebut dapat mendorong pertumbuban ekonomi di Sulsel dengan asupan stimulan secara langsung terhadap pelaku usaha.

“Pemberian insentif PPN tidak ada salahnya, melalui program PEN dapat memberikan stimulan bagi pelaku UMKM, termasuk bantuan yang telah diprogramkan sebelumnya,” tambahnya.

Bagikan berita ini:
2
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar