Danton TPN OPM Tewas dalam Kontak Tembak, Ini Catatan Kriminalnya

Selasa, 2 Maret 2021 22:13
Belum ada gambar

Korban anggota KKB yang juga Danton Kodap III Ferry Ellas saat memimpin anak buah di lapangan. (Satgas Ops Nemangkawi Po...

FAJAR.CO.ID — Kepala Kepolisian Resort Mimika, AKBP I Gusti Era Adhinata, menyebutkan, Ferry Ellas, 35, danton TPN OPM Kodap III Kali Kopi, Tembagapura, tewas dalam kontak tembak dengan aparat di Mile 53 pada 1 Maret. Hal itu berdasar hasil olah tempat kejadian perkara dan sesuai dengan ciri-cirinya.

”Korban Fery Ellas, anggota KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak. Dalam catatan kriminal kepolisian berperan ikut dalam deklarasi penggabungan KKB se-Pengunungan Tengah 1 Agustus 2019 di Ilaga. Terlibat perampasan HP masyarakat sipil di Kabupaten Puncak Ilaga pada Agustus 2019 dan ikut KKB gabungan melaksanakan gangguan keamanan di Tembagaoura pada 2020,” kata Kapolres AKBP Era Adhinata seperti dilansir dari Antara di Timika, Selasa (2/3/2021).

Menurut dia, dari catatan kriminal korban, Ferry Ellas juga terlibat penyanderaan guru dan tindak pidana pencurian HP korban guru di Kampung Jagamin pada 22 Februari 2020 dan terlibat penembakan Pos Pam TNI/Polri di Opitawak pada Maret 2020.

Dari hasil pencocokan wajah, lanjut Era Adhinata, ditemukan kemiripan antara korban dengan foto Ferry Ellas di data base tim operasi gabungan TNI/Polri. Begitu pula dengan atribut yang digunakan korban dan identifikasi gambar, ditemukan kemiripan dengan Ferry Ellas.

”Bahkan barang bukti lain berupa satu HP yang ditemukan berisi foto-foto Ferry Ellas yang setelah dilakukan investigasi ada persesuaian dengan korban yang ditemukan di TKP baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh, dan wajah,” terang Era Adhinata.

Bagikan berita ini:
4
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar