Gunung Sinabung Erupsi, Guguran Awan Panas Sejauh 5 Km

Selasa, 2 Maret 2021 11:30

Erupsi Gunung Sinabung-- tangkapan layar/pojoksumut

FAJAR.CO.ID, KARO — Gunung Sinabung kembali erupsi dan mengeluarkan guguran awan panas cukup tinggi sejauh 5.000 meter atau 5 Km, Selasa (2/3/2021).

Petugas Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra menjelaskan bahwa erupsi tersebut terjadi pada pukul 06.42 WIB, lalu diikuti pukul 07.00 WIB dengan 3.000 meter dan tertinggi pukul 07.34 WIB hingga 5.000 meter.

“Saat ini, angin mengarah arah Barat Daya dengan dampak hanya abu vulkanik. Tertinggi pukul 07.43 WIB, mencapai 5.000 meter,” ujar Armen.

Armen menjelaskan sampai saat ini Gunung Sinabung berpeluang terus terjadi guguran awan panas. “Awan panas terjadi sebanyak 13 kali (pagi ini). Terakhir pukul 08.20 WIB,” lanjutnya.

Akibat, erupsi tersebut kondisi puncak Gunung Sinabung masih tertutup awan panas. “Sampai saat ini, guguran-guguran dan awan panas masih terjadi. Untuk potensi ke depannya masih tinggi terjadi awan panas dan letusan,” jelasnya.

Armen mengimbau agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara. Gunung Sinabung saat ini masih berstatus siaga atau level tiga.

“Masyarakat tetap hindari zona merah karena potensi untuk erupsi masih ada. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkasnya.

Komentar