Lagu K-Pop Hilang dari Spotify, Netizen: Auto Uninstall

Selasa, 2 Maret 2021 17:20

Ilustrasi Spotify

FAJAR.CO.ID– Kabar buruk datang dari dunia musik Korea Selatan atau yang biasa kita sebut dengan K-Pop. Dimana lagu Korea tiba-tiba hilang dari platform musik Spotify!

Kabar buruk ini nampaknya membuat netizen Indonesia khususnya mulai bertanya-tanya. Apa penyebab lagu-lagu K-Pop hilang pada Spotify?

Hilangnya ratusan lagu-lagu Korea itu disebut-sebut merupakan buntut perseteruan Kakao M dengan Spotify.

Pihak Spotify mengatakan meski mereka berusaha keras selama 1,5 tahun terakhir, mereka gagal memperbarui kesepakatan lisensi global dengan Kakao M yang berujung kepada dihapusnya semua lagu yang didistribusikan label besar Korea.

Namun jawaban mengejutkan dan berbanding terbalik dengan pernyataan Spotify justru datang dari Kakao M.

Kakao M mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa pihak yang memilih tidak memperpanjang kesepakatan justru Spotify, meski Kakao M telah memintanya.

Kakao sendiri mengaku sudah bernegosiasi pakah katalog musiknya bakal tersedia di Korea, dan kesepakatan yang berakhir adalah masalah yang terpisah dan tidak berhubungan.

“Tidak terkait dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify terkait kontrak domestik untuk penyediaan musik,” kata Kakao M.

Perusahaan induk Kakao M juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan.

Komentar