Menpora Menargetkan Indonesia Masuk 10 Besar Olimpade

Selasa, 2 Maret 2021 08:30

Zainudin Amali

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menggelar Rapat Anggota Tahunan 2021. Akibat pandemi Covid-19, pertemuan tersebut digelar secara virtual. Pada rapat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, didaulat untuk memberikan kata-kata sambutan.

“Olimpiade kita tempatkan menjadi sasaran utama. Sekaligus, untuk merubah mindset kita. Sementara, Asian Games, SEA Games dan even lain menjadi sasaran antara,” ujar Menpora Amali, saat membuka rapat virtual di Jakarta, Senin (1/3).

Menpora Amali mengajak setiap stakeholder olahraga Indonesia untuk fokus kepada Olimpiade. Menurut politisi dari Partai Golongan Karya itu Olimpade merupakan sasaran tepat untuk menentukan target utama prestasi olahraga di Indonesia.

“Sejak sekarang kita harus memposisikan bahwa target dan sasaran utama kita adalah Olimpiade dan yang lain adalah sasaran antara,” ujar politisi kelahiran Gorontalo tersebut.

Targetnya adalah tahun 2032. Menpora Amali berharap Indonesia bisa menembus peringkat 10 besar. Apalagi jika pada tahun tersebut Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade. Selain berjuang agar pelaksanaanya lancar, Amali juga berharap diimbangi dengan prestasi pada atlet.

“Kita akan berusaha untuk sukses penyelenggaraan dan juga sukses dalam prestasi. Tentu target harus realistis. Untuk sementara kita mencanangkan dalam posisi 10 besar, insya Allah bisa lebih dari itu,” lanjut Menpora Amali.

“Kita sudah memetakan 14 cabor unggulan, yang dalam sejarah keikutsertaannya ke olimpiade memberikan kontribusi prestasi dan potensi-potensi prestasi. Ini memerlukan kerjasama dan sinergi (NOC Indonesia, KONI pusat dan daerah, KORMI, NPC dengan tupoksi masing-masing) dan semua stakeholder olahraga,” terangnya.

Komentar