Polri Tak Hadir di Sidang Praperadilan Habib Rizieq, Brigjen Rusdi: Mekanisme yang Diperbolehkan

Selasa, 2 Maret 2021 15:12

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (ANTARA/HO-Polri/am.)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono, mengungkap alasan kepolisian tidak hadir dalam dua kali persidangan gugatan praperadilan yang diajukan mantan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Diketahui, sidang gugatan praperadilan Habib Rizieq itu digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Menurut Brigjen Rusdi, Bareskrim Polri cq Polda Metro Jaya selaku termohon dalam gugatan itu masih mendalami materi gugatan dari tersangka Rizieq Shihab.

“Jadi, memang diperlukan pendalaman (materi gugatan) dari Divisi Hukum Polri,” ujar Rusdi kepada wartawan, Selasa (2/3).

Brigjen Rusdi pun memastikan, meski absen, polisi tidak melanggar aturan. Pasalnya, Polri sudah memberitahu hakim tentang ketidakhadiran di sidang tersebut.

“Itu merupakan satu mekanisme yang diperbolehkan,” tambah mantan Kapolrestabes Makassar ini.

Rusdi menambahkan, polisi bakal mengikuti sidang ketiga praperadilan Rizieq yang dijadwalkan PN Jaksel berlangsung pukul 10.00 WIB, Senin, 8 Maret 2021 mendatang.

“Pada sidang pertama tidak bisa hadir dengan segala alasannya, itu dimaklumi. Mungkin pada sidang-sidang berikutnya pasti dari Polri akan hadir,” tegas Rusdi.

Diketahui bahwa Habib Rizieq menjadi tersangka dalam tiga kasus berbeda. Pertama, kasus pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 November 2020.

Kemudian, kasus protokol kesehatan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Komentar


VIDEO TERKINI