Ruas Jalan Rusak Akibat Galian, Dewan Minta Kontraktor Tidak Tambal Asal-asalan

Selasa, 2 Maret 2021 18:25

Kondisi Jalan Beruang. (Isak/Pasa'buan)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Beberapa titik ruas jalan di Kota Makassar menuai sorotan dari masyarakat. Utamanya jalan-jalan yang dilalui galian kabel, seperti di Jalan Beruang, Kecamatan Mamajang.

Salah seorang pengendara, Widi mengaku, terganggu dengan rusaknya jalan di daerah tersebut. “Setengah mati ki lewat karena biasa macet kalau pengendara hindari lubang , itu lubang lumayan dalam, apalagi kalau hujan ada genangan tidak kelihatan mi. Pasir-pasirnya juga, tanah bekas galian licin. Membahayakan,” keluhnya saat diwawancara, Selasa (2/3/2021).

Proyek galian kabel tersebut diketahui dilakukan oleh PLN. Di mana sebelumnya juga dilakukan di sepanjang ruas Jalan Veteran. Meski telah ditambal, namun masih menyisakan lobang-lobang serta jalan yang bergelombang.

Hal itu ikut disesalkan Anggota DPRD Kota Makassar, Komisi C bidang Pembangunan, Fasruddin Rusli. Menurutnya, kontraktor yang melakukan penggalian harus bertanggung jawab sepenuhnya dan tidak hanya menambal jalan dengan seadanya alias asal-asal.

“Kontraktor yang melakukan pekerjaan itu harus betul-betul menambal aspal yang mereka bongkar,” kata Acil sapaan akrabnya.

“Sekarang ini kita lihat kondisi jalan yang ada di sana (Veteran), sudah berlubang. Cara menempelnya juga kurang bagus,” tambahnya.

Lebih jauh, legislator PPP ini menyebut, dari penilaian standarisasi pekerjaan suatu proyek, penambalan itu diakui tidak layak.

“Kurang memenuhi standar perbaikan sehingga saya anggota DPR, ini harus tanggung jawab penuh kontraktor yang melakukan pengerjaan jalan tersebut. Bukan langsung melepas tangan begitu harus liat kondisinya,” pesan Acil.

Komentar


VIDEO TERKINI