Insentif PPnBM Berlaku, Harga Mobil Turun Drastis

Rabu, 3 Maret 2021 19:45

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Usai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) menetapkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk pembelian mobil. Harga mobil kemungkinan akan turun drastis hingga puluhan juta rupiah.

Diketahui sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, menetapkan pokok kebijkan insentif PPnBM melalui PMK 20/PMK.010/2021 dan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021, bahwa pembelian mobil baru dengan kapasitas kurang atau sampai dengan 1.500 cc akan mendapatkan insentif pengurangan PPnBM sebesar 100 persen, jika pembelian mobil baru dalam kurung waktu Maret sampai Mei mendatang.

Menyikapi hal itu, dealer penjualan mobil di Makassar mulai padat permintaan sejak tanggal 1 Maret atau sejak kebijakan dikeluarkan. Salah satunya, Dealer Astra Daihatsu, ramai menurunkan harga mobil yang tergolong dalam spesifikasi kebijakan yang berlaku.

Menurut Supervisor Penjualan Astra Daihatsu Makassar, Fikri mengungkap bahwa komposisi harga mobil yang ia pasarkan telah mengikut kebijakan pemerintah. Menurutnya, insentif PPnBM sangat meransang daya tarik pembeli karena beban konsumen (PPnBM) telah ditanggung pemerintah.

“Kita sudah mengikuti tata tertib pemerintah, sehingga unit-unit yang terkena dengan kebijakan akan di-take down dari price list, kemudian menyesuaikan dengan komposisi harga yang terbaru, hal itu kami berlakukan per 1 Maret,” tutur Fikri saat ditemui di kantornya, Rabu (3/3/2021).

Lanjut Fikri, ia membeberkan bahwa komposisi harga penjualan unit setelah adanya kebijakan, turun hingga range harga Rp12 juta hingga Rp17 juta, bergantung harga unit mobil. Setelah tiga hari kebijakan berlaku, ia mengungkap prospek konsumen terhadap standardisasi harga mobil sangat tinggi.

Komentar