Pembangunan Tanpa IMB, Proyek Twin Tower Terancam Disegel Distaru Makassar

Rabu, 3 Maret 2021 17:03

Tim Distaru Makassar mengunjungi proyek Twin Tower. (Ikbal/Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Makassar meninjau lokasi proyek pembangunan Twin Tower di Kawasan Central Point of Indonesia (CPI) Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (3/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Distaru Makassar sekaligus memberikan surat teguran ke PT Waskita Karya sebagai pihak yang menangani proyek Twin Tower. Sebab tidak bisa menunjukkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Bidang (Kabid) Penertiban Ruang dan Bangunan Distaru Makassar, Karyadi Kadar menyebut selain tidak memiliki IMB, Waskita Karya telah membangun proyek di atas area Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Pelaksanaan pembangunan ini, berada dalam ruang terbuka hijau. Kedua juga tidak didasari IMB. Jadi petunjuk pimpinan, kita keluarkan surat teguran tertulis,” ungkap Karyadi, Rabu (3/3/2021).

Surat teguran tersebut, kata Karyadi, harus dijawab Waskita Karya dalam waktu 2×24 jam. Bila tidak dibalas, Distaru akan kembali mengirimkan surat teguran kedua.

“Setelah ketiga itu langsung penyegelan kalau masih beraktifitas. Tapi kalau berhenti, maka bagus. Sesuai SOP memang kita lakukan penyegelan,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika pihak pengelola tetap tidak bisa menghadirkan IMB, maka Pemkot Makassar akan menyegel proyek tersebut.

Dalam proses penyerahan surat teguran tersebut, turut hadir sejumlah pejabat Distaru Makassar yang lain. Di antaranya, Kabid Pengembangan Bangunan, Tenriawaru, Kabid Tata Ruang yang diwakili Suryadi dan Zainul, Kasi Pelayanan informasi, Aswin, Seksi Penindakan, Muh Natsir dan dokumentasi, Rajab.

Komentar