Sebut Kebutuhan ASN 1,3 Juta, Menpan RB Bilang Kuota Diumumkan Bulan Ini

Rabu, 3 Maret 2021 10:05

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meminta maaf atas ketidaksengaja...

Jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat kebutuhan tersebut bisa dipenuhi. Sebaliknya bila ada kebijakan darurat, kebutuhan tersebut tidak bisa semuanya dipenuhi.

Namun, kata Tjahjo, pengadaan ASN tahun ini akan tetap dilaksanakan mengingat kekurangan jumlah guru makin besar.”Pemerintah sangat berhati-hati dalam hal ini karena kondisi pandemi masih jadi tantangan terbesar bangsa ini,” ucapnya.

Dia menyebutkan, sampai saat ini kebutuhan ASN secara total tahun 2021 sekitar 1,3 juta orang. Terdiri dari 1 juta guru PPPK dan 189 ribu ASN (di luar guru PPPK).

“Sebanyak 189 ribu ASN ini terdiri dari 70 ribu PPPK non=kependidikan dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan,” tandasnya.

Kepastian formasi ASN secara nasional yang akan dibuka dan kapan pelaksanaannya, lanjut Menteri Tjahjo Kumolo, diumumkan bulan ini.

Namun, persiapan sudah dilakukan masing-masing instansi. Sebagai contoh Kemendikbud yang gencar menyiapkan guru-guru honorer menghadapi tes PPPK. (jpnn/fajar)

Komentar